’ instant mulbery tea infused water”

Rencana bisnis yang akan datang saya adalah ingin mnegembangkan usaha mulbery tea infused water dengan rincian di bawah ini : A. Judul Program Pembuatan’ instant mulbery tea infused water” B. Latar Belakang Masalah Usaha Kecil dan Menengah disingkat UKM adalah sebuah istilah yang mengacu ke jenis usaha kecil yang memiliki kekayaan bersih paling banyak Rp 200.000.000 tidak termasuk tanah dan bangunan tempat usaha. Dan usaha yang berdiri sendiri. Menurut Keputusan Presiden RI no. 99 tahun 1998 pengertian Usaha Kecil adalah: “Kegiatan ekonomi rakyat yang berskala kecil dengan bidang usaha yang secara mayoritas merupakan kegiatan usaha kecil dan perlu dilindungi untuk mencegah dari persaingan usaha yang tidak sehat.” Kriteria usaha kecil menurut UU No. 9 tahun 1995 adalah sebagai berikut: 1. Memiliki kekayaan bersih paling banyak Rp. 200.000.000,- (Dua Ratus Juta Rupiah) tidak termasuk tanah dan bangunan tempat usaha 2. Memiliki hasil penjualan tahunan paling banyak Rp. 1.000.000.000,- (Satu Miliar Rupiah) 3. Milik Warga Negara Indonesia 4. Berdiri sendiri, bukan merupakan anak perusahaan atau cabang perusahaan yang tidak dimiliki, dikuasai, atau berafiliasi baik langsung maupun tidak langsung dengan Usaha Menengah atau Usaha Besar 5. Berbentuk usaha orang perorangan , badan usaha yang tidak berbadan hukum, atau badan usaha yang berbadan hukum, termasuk koperasi. Perubahan gaya hidup yang dijalani masyarakat saat ini, ditambah dengan banyaknya tuntutan aktivitas memberikan potensi berbagai penyakit yang bisa dialami masyarakat, misalnya saja darah tinggi (hipertensi), gangguan pencernaan, sakit kepala, kolesterol tinggi, dan kencing manis (diabetes). Penanggulangan yang dilakukan masyarakat terhadap penyakit-penyakit tersebut umumnya adalah dengan mengonsumsi obat-obatan sintetis, yang selain harganya mahal juga berpotensi menimbulkan efek samping yang tidak dikehendaki si penderita. Indonesia memiliki keanekaragaman hasil-hasil alam yang melimpah. Masyarakat Indonesia pada umumnya masih memperhatikan sekali terhadap hasil hasil alam yang dimilikinya, baik yang dapat digunakan sebagai bahan makanan pokok maupun yang dapat digunakan sebagai pencegahan atau pengobatan terhadap suatu penyakit. Dari sekian banyak tumbuh-tumbuhan hasil alam yang dimiliki tersebut, salah satu diantaranya adalah Mulbery (Morus alba Linn). Tanaman Mulbery mempunyai nama daerah yang berbeda-beda misalnya besaran, bebesaran, kitau, mulbery (Heyne, 1950). Menurut penelitian dalam teh daun mulbery banyak terkandung zat-zat yang sangat bermanfaat untuk kesehatan. Di antaranya adalah senyawa 1-deoxynojirimycin (DNJ) yang berfungsi untuk mengobati diabetes melitus. Sebetulnya senyawa DNJ telah ditemukan dalam bentuk sintetis sejak tahun 1967, akan tetapi baru berhasil ditemukan dalam bentuk alaminya dari ekstrak daun mulbery pada tahun 1976 oleh peneliti-peneliti yang berasal dari Jepang (Sofian, T. 2005). Daun mulbery juga mengandung ecdysterone, inokosterone, lupeol, betasitosterol, rutin, moracetin, isoquersetin, scopoletin, scopolin, alfa-, beta-hexenal, cis-beta-hexenol, cis-lamda-hexenol, benzaidehide, eugenol, linalool, benzyl alkohol, butylamine, acetoâ’ne, trigonelline, choline, adenin, asam amino, copper, zinc, vitamin (A, B1, C. dan karoten), asam klorogenik, asam fumarat, asam folat, asam formyltetrahydrofolik, dan mioinositol. Dengan berubahnya pola konsumsi masyarakat kepada bahan non sintetis dan ditambah dengan tingginya permintaan masyarakat akan minuman kesehatan dengan bahan-bahan alami yang tidak menimbulkan efek samping yang membahayakan, maka bisnis minuman kesehatan menemukan momentum yang tepat untuk dikembangkan. Permintaan konsumen terhadap produk-produk minuman kesehatan tetap tumbuh, hal ini berbeda dengan kondisi bisnis di sektor lain seperti otomotif dan properti. Dalam salah satu artikel pada harian Sinar Harapan (15-08-03) disebutkan bahwa pertumbuhan minuman kesehatan di Indonesia rata-rata mencapai 10-15 persen per tahun. Bisnis minuman kesehatan adalah salah satu bisnis yang mempunyai daya resistensi tinggi terhadap fluktuasi perekonomian. Dengan kondisi konsumen seperti ini maka menjalankan bisnis minuman kesehatan adalah pilihan yang tepat. Melihat fakta-fakta tersebut, dapat dikatakan bahwa produk yang berasal dari daun mulbery mempunyai potensi yang sangat besar untuk dikembangkan sebagai produk yang menguntungkan. Salah satu bentuk dari inovasi dalam pemanfaatan daun mulbery adalah sebagai bahan baku minuman kesehatan, yang selain menyegarkan tentunya juga menyehatkan bagi yang mengonsumsinya. Dalam kesempatan kali ini teh murberi yang akan di produksi akan di jadikan sebuah teh instan siap, seduh dengan di infus oleh berbagai macam buah kering untuk menambah cita rasa dan khasiat dari tea infused yang di produksi. Infused water adalah trend dan gaya baru untuk hidup sehat.Manfaat infused water sendiri sama saja seperti ketika kita makan buah dan minum air seperti biasa hanya saja ketikan kita minum dari infused water, mungkin kita akan menemukan aroma-aroma segar buah tidak seperti minum air biasa yang tidak ada campuran apapun. Infused water adalah air putih yang dicampur dengan buah-buahan segar lalu didiamkan selama beberapa jam sebelum kita bisa menikmatinya. Infused water bisa memberi dua keuntungan sekaligus bagi orang yang mengonsumsinya. Selain bisa minum air putih, kita juga bisa memakan ataupun merasakan aroma terapi dari buah yang dicampurkan.gaya hidup sehat yang satu ini mulai menyebar keseluruh daerah perkotaan yang orang-orangnya tinggal diantara polusi perkotaan yang sangat tinggi. Infused water berguna sebagai detoksifikasi, seperti yang telah kita ketahui bahwa detoks dapat membantu tubuh dalam menghilakan dan membunuh racun dalam tubuh dan menghambat radikal bebas dari paparan polusi. Selain itu, rasa yang menyegarkan sehingga tidak membosankan untuk menikmatimanfaat infused water dimana saja dan kapan saja. Manfaat infused water dari sisi kandungan gizi tidak ada perbedaan layaknya memakan buah dan meminum air putih seperti biasa. Yang terpenting ketika mengonsumsi jenis minuman ini tidak diberi campuran lain yang mudah larut di air seperti gula atau sirop. Menurut ahlinya manfaat infused water akan dirasakan berdasarkan kombinasi aneka buah yang dimasukkan kedalam air. Bahan selanjutnya yang dicampurkan kedalam air adalah the hijau, daun mint, dan jeruk nipis. Manfaat dari kandungan air ini adalah untuk membakar lemak, pencernaan, meredakan sakit kepala, mengatasi masalah pencernaan yang mengakibatkan sembelit, dan menjaga kesehatan pernapasan. Buah selanjutnya adalah timun, jeruk nipis, dan lemon. Campuran tersebut bermanfaat untuk mengatasi kembung, mengontrol nafsu makan, mengatasi dehidrasi, dan juga menjaga kesehatan system pencernaan. Di zaman modern ini , banyak kalangan yang mengingkan semua nya serba instant , termasuk untuk menjaga agar tubuh mereka tetap bugar dan sehat dngan asupan makanan dan minuman yang sehat pula . Dengan alasan di atas maka penulis mengambil kesempatan untuk mengembangkan sebuah inovasi baru yaitu membuat minuman infused water instant. Pengembangan teh daun mulbery dengan tambahan buah kering sebagai produk minuman kesehatan ini diharapkan mampu meningkatkan nilai tambah (added value) daun mulbery dan menambah diversifikasi produk minuman kesehatan yang beredar di pasaran. Khasiat yang dapat diambil dari teh daun mulbery ini adalah sebagai minuman kesehatan yang bisa mengobati hipertensi, diabetes, rematik, kolesterol tinggi dan beberapa penyakit lain. Selain khasiat yang ditawarkan, kami juga menjual citarasa baru dari teh daun mulbery ini. Dengan adanya penambahan tablet efferfessent akan menambah kenikmatan saat meminumnya karena akan terasa kesegaran dari minuman kesehatan ini. C. TUJUAN PENULISAN Penulisan makalah ini bertujuan untuk: 1. Membantu mengembangkan jiwa kreativitas dan kewirausahaan pada mahasiswa. 2. Sebagai masukan apabila ingin berwirausaha 3. Mengetahui lebih lanjut mengenai Mulbery dan manfaatnya 4. Sebagai tugas pada mata kuliah D. MANFAAT PENULISAN 1. Bagi Perguruan Tinggi Munculnya produk Instant Mulbery Tea infused water sebagai minuman kesehatan baru akan memicu jiwa kreatif inovatif mahasiswa dalam menciptakan sebuah produk minuman kesehatan baru yang bermanfaat bagi tubuh, sehat dan praktis. Kondisi ini dapat menumbuhkan iklim kompetitif dikalangan mahasiswa untuk bersaing melalui pengembangan intelektualitas dan kreatifitas, sehingga secara tidak langsung dapat meningkatkan kualitas perguruan tinggi. Program ini merupakan perwujudan dari Tridharma Perguruan Tinggi. Dengan penulisan ini pula akan meningkatkan khasanah ilmu pengetahuan dan teknologi khususnya dalam penerapan teknologi yang dapat dikembangkan lebih lanjut. 2. Bagi Mahasiswa Penulisan ini akan merangsang mahasiswa dalam menumbuhkan jiwa kewirausahaan, berfikir positif, kreatif, inovatif dan dinamis. Pelaksanaan program ini menuntut mahasiswa untuk dapat bekerja dalam tim yang akan menumbuhkan kesolidan dan kekuatan tim. Program ini akan menambah wawasan dan pengalaman mahasiswa dalam berkarya dalam menerapkan teknologi sederhana yang berhasil guna. Program ini dapat menumbuhkan sikap kepedulian mahasiswa terhadap tuntutan konsumen dalam bidang minuman kesehatan. 3. Bagi Masyarakat Adanya produk ini akan membantu konsumen dalam pemenuhan kebutuhan minuman kesehatan yang sesuai dengan tren dan tuntutan masyarakat yang ingin kembali pada bahan-bahan alami, serba praktis, mudah dan murah, namun bermanfaat bagi tubuh. Produk teh daun mulbery dapat membantu mencegah mengobati beberapa penyakit seperti hipertensi, diabetes, kolesterol tinggi, rematik, dan beberapa penyakit lain. Dengan adanya penulisan ini, masyarakat diharapkan mampu lebih peduli terhadap kebutuhan minuman kesehatan yang alami. E. Perumusan Masalah Rumusan masalah yang akan dipecahkan melalui program ini pada dasarnya tidak lepas dari ruang lingkup permasalahan di atas, yaitu : 1. Bagaimana mengolah suatu bahan yang tidak benilai guna menjadi sesuatu yang berdaya guna dan mempunyai nilai jual 2. Bagaimana menjadikan kreatifitas kewirausaan bahwa daun mulbery yang biasanya di anggap sebelah mata menjadi sesuatu produk ,minuman kesehatan sehingga dapat di manfaatkan menjadi suatu kerajinan yang bernilai guna dan berdaya jual . 3. Memaksimalkan pemanfaatan bahan yang terkadang tidak di anggap. 4. Mencoba mengatasi pengangguran dengan berwirausaha 5. Memberikan inovasi peluang usaha di bidang kesenian dan kretivitas. F. Luaran yang Diharapkan Luaran yang diharapkan dari pelaksanaan program ini adalah adanya kesadaran masyarakat terhadap peluang usaha dan pentingnya ilmu pengetahuan. Kemudian masyarakat memahami bahwa terdapat potensi besar dibalik buah mulbery yang biasaya hanya di pandang sebelah mata ternyata dapat di manfaatkan menjadi sesuatu yang berdaya guna dan bernilai jual salah satunya dengan memanfaatkannya menjadi instant mulbery tea infused water”. G.Rancangan Biaya Rancangan biaya yang digunakan dalam kegiatan proses produksi “instant mulbery tea infused water” adalah sebesar Rp. dengan rincian sebagai berikut: • Bahan bahan : Ingredient % Formula Gramature per sachet add 10 ml water (Rp) Price per sachet (Rp) Extraxt mulberry leaves Mulberry extract Sugar Black tea extract Mallic acid Dried friut ( lemon , strawberry , blueberry , mint leaves , lidah buaya kering , dll ) 0.25 4.16 83.33 0.83 1.16 16.66 0.03 0.5 10 0.1 0.14 2 120.000,00 75.0000,00 10.000,00 150.000,00 80.000,00 90.000,00 3.6 37.5 100 15 11.2 180 Total 100% 12 gr Rp .347,3 Perkiraan dakam sekali produksi dapat memproduksi 1000 sachet instant mulbery tea infused water jadi total biaya yang di keluarkan untuk 1000 sachet instant mulbery tea infused water adalah : Rp 347.300,00 • Kemasan dan sarana lainnya: Kemasan dan label untuk 1000 sachet @Rp 150 , 00 = Rp 150.000, 00 Tenaga kerja @ Rp 100.000, 00 perhari dengan 2 orang karyawan = Rp 200.000,00 Listrik = Rp 100.000,00 Total = Rp 450.000,00 Biaya Investasi Harga (Rp) Jumlah Satuan Total harga Peralatan Produksi Heat sealer manual Timbangan Corong Sendok 1.000.000,00 350.000,00 5.000,00 2.500,00 1 1 4 12 Unit Unit Buah Buah 1.000.000, 00 350.000,00 20.000,00 30.000,00 Total Peralatan 1.400.000,00 Biaya Promosi Pamflet Sample Product Iklan Koran Kampus Promosi Radio Launching Produk 200,- 1500,- 55.000,- 200.000,- 250 35 2 edisi 1 minggu Lembar cup 50.000,- 52.500,- 110.000,- 200.000,- 300.000,- Total Biaya awal 712.500,- Biaya legalisasi Pengurusan dokumen Departemen Kesehatan Monitoring SNI 1.500.000,- 1.000.000,- Total Biaya Legalisasi 2.500.000,- Total Investasi 4.612.500,00 Jadi, modal yang di perlukan dalam pembuatan usaha the daun mulbery, “instan Mulbery tea infused water adalah ” ini adalah Rp. 4.959.800,00 Sehingga, untuk amannya, di perlukan sekitar Rp. 6.000.000 sebagai biaya modal. 2.3 PRODUKSI USAHA A.Gambaran Usaha. Usaha Pengolahan teh daun mulbery dan pengemasannya dilakukan guna meningkatkan nilai tambah komoditas daun mulbery. Usaha ini ditekankan pada peningkatan nilai tambah dan diversifikasi produk olahan berupa the daun mulbery sebagai minuman kesehatan yang menyegarkan Pihak Manajemen juga melakukan pengemasan dan pemasaran produk. Sebagai pengembangan usaha adalah pengemasan minuman kesehatan “instan Mulbery tea infused water ” dengan target pemasaran utama adalah kalangan ekskutif muda yang mempunyai jadwal kegiatan yang padat namun tetap ingin menikmati minuman sehat syarat nutrisi B. Gambaran Produk Produk Usaha yang dikembangkan dari extract teh dan extarct mulbery dengan buah kering adalah sebuah usaha minuman yang menitik beratkan pada kesehatan. Keunggulan produk INI dibandingkan dengan teh yang biasa adalah pada segi kesehatan. Teh ini menawarkan alternatif konsumsi minuman kesehatan dengan menonjolkan keunggulan daun mulbery yang bisa mengobati darah tinggi, diabetes, rematik, dan beberapa penyakit lain. Selain itu, teh ini juga memberikan tambahan tablet efferfessent yang bisa memberikan rasa yang unik karena kesegarannya. Keunggulan produk tersebut membuat teh daun mulbery ini selain menyehatkan juga menyegarkan. Produsen juga mengembangkan teh daun mulbery dari segi produk dan dari segi pemasarannya. Pada segi pemasaran direncanakan dalam bentuk sachetde dan rencana nya akan di pasarkan dengan harga Rp 1.500,00. 2.4 PEMASARAN Perencanaan Pemasaran STP (Segmentation, targetting & Positioning) 1. Segmentasi pasar/mapping market Segmentasi pasar membedakan pangsa pasar menjadi 3 segmen a. Segmen Pertama merupakan orang tua dan golongan menengah ke atas yang konsumtif dalam hal pemenuhan gizi. b. Segmen Kedua, yaitu wisatawan yang sedang berkunjung ke Bogor. c. Segmen ketiga , yaitu eksekutif muda yang medambakan hidup sehat namun dengan kesibukan yang tinggi d. Segmen Keempat, termasuk di dalamnya adalah masyarakat ekonomi menengah ke bawah dan kelompok mahasiswa. 2. Targetting Target utama dari pemasaran instan Mulbery Tea infused water adalah semua segmen dari lapisxan masyarakat baik anak anak , remaja , dewasa dan orang tua .. Hal ini didasarkan oleh fakta bahwa segmen segment memiliki ukuran pasar yang besar dan perkiraan bahwa kelompok pertama dan kedua memiliki kebutuhan atas manfaat dari produk minuman kesehatan “instant Mulbery Teainfused water ” 3. Positioning Dalam melakukan pemasaran, produsen mencoba membangun image instant Mulbery Tea infused water adalah minuman kesehatan yang mengandung bahan alami yang bermanfaat bagi tubuh. Perencanaan Bauran Pemasaran (Marketing Mix) 1. Product Dalam upaya membidik semua segmen yang ada, instant Mulbery Tea infused water hadir dalam satu ukuran, bentuk dan harga. Kemasan terbuat dari plastim alumunium foil dengan barat bersuh seberat 12 gr serta berlabel. Adanya persamaan kemasan ini diharapkan dapat menekan biaya produksi yang pada akhirnya bertujuan untuk menjangkau semua segmen pasar yang ada., termasuk segmen keempat. 2. Price Dalam pemasaran instan Mulbery Tea infused water tidak ada diferensiasi harga. Strategi ini dipilih untuk membuat produk ini terjangkau oleh semua kalangan serta untuk memaksimalkan margin laba yang didapatkan. 3. Place Untuk mendukung strategi pemasaran yang ditetapkan,instant Mulbery Tea infused water didistribusikan ke beberapa tempat strategis yang mewakili semua segmen yang ada, antara lain: Untuk menjangkau segmen pertama, Mulbery Tea dipasarkan di pusat-pusat perbelanjaan di beberapa perumahan yang bersifat strategis. Juga diusahakan memasukkan produk ini ke beberapa swalayan. Untuk menjangkau segmen kedua, Mulbery Tea hadir di pusat-pusat perbelanjaan oleh-oleh khas Bogor serta di stasiun dan terminal yang menjadi pintu gerbang memasuki wilayah Bogor. Untuk menjangkau segmen pasar ketiga, produsen berusaha untuk lebih memaksimalkan distribusi ke pengecer-pengecer kue, warung-warung di pusat pemukiman warga serta direct selling. 3. Promotion Salah satu elemen penting untuk mendukung usaha pencitraan produk adalah strategi promosi. Promosi dilakukan secara intensif dan efektif sebagai upaya membangun citra instan Mulbery Tea infussed water sebagai minuman kesehatan yang mengandung bahan alami yang bermanfaat bagi tubuh. Usaha promosi yang dilakukan antara lain: a. Pemberian informasi secara langsung (direct promotion) Pemberian informasi secara langsung dilakukan ketika melakukan dirrect selling. Juga dengan ikut serta dalam event-event bazar yang diselenggarakan oleh dinas perindustrian. b. Pemberian informasi secara tidak langsung (undirect promotion) Promosi tidak langsung dilakukan dalam bentuk penyebaran poster dan leaflet merupakan pendukung dari pemasaran yang menurut kami efektif dan efisien. Penggunaannya tidak mengeluarkan biaya besar dan efeknya sangat besar. Pamflet dan poster disebar ke beberapa lokasi strategis di daerah pemasaran sehingga memberikan kemudahan bagi calon konsumen untuk membeli dan melakukan pemesanan produk. Promosi secara langsung dianggap cukup efektif karena adanya interaksi langsung antara konsumen dan produsen. Usaha promosi tidak langsung juga ditambah dengan terjadinya promosi mulut ke mulut (Word to Mouth) yang akan dilakukan oleh konsumen yang merasa puas akan produk kami. Grand Strategy Pemasaran “instant Mulbery Tea infused water ”  1. Riset Pasar Riset pasar bertujuan untuk mengetahui gambaran keadaan pasar. 2. Membangun kerjasama dengan beberapa mitra kerja, yang didefinisikan sebagai: a. Mitra lokasi penjualan Mitra lokasi penjualan adalah tempat-tempat yang dipilih berdasarkan beberapa kriteria, antara lain: -Memiliki lokasi yang strategis. - Ramai dikunjungi orang. -Memiliki kesesuaian dengan positioning yang dikembangkan, yaitu sebagai minuman kesehatan yang mengandung bahan alami yang bermanfaat bagi tubuh. b. Investor Pengembangan skala usaha merupakan hal penting yang harus dilakukan untuk tetap menjaga eksistensi dari sebuah bisnis. Untuk itu Produsen berusaha mencari investor yang bersedia memberikan tambahan modal dari bisnis yang didirikan. kriteria investor yang ditetapkan adalah: Memiliki pemikiran yang sejalan dengan organisasi bisnis. Menunjukkan keseriusan terhadap bisnis. Dapat dipercaya. c. Mitra Pendukung Mitra pendukung yang dimaksud adalah institusi atau perorangan yang mendukung proses pemasaran produk namun tidak terikat kerjasama secara hukum. Misalnya, menjalin hubungan dengan beberapa kumpulan arisan yang bertujuan untuk mempromosikan sekaligus melakukan kegiatan penjualan produk secara direct selling. .

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS
Read Comments

0 komentar:

Posting Komentar