catatan presentasi teman pada minggu ke 7 ( 20 oktober 2013)

Pada minggu ke 7 ini presentasi membahas tentang artikel ilmiah yang telah di buat oleh masing masing mahasiswa sesuai dengan judul yang telah di tentukan .Berikut adalah salah satu contoh karya ilmiah yang di buat olah salah satu mahasiswa tehnik industri :

Karsinogen dalam Bahan Makanan

https://encrypted-tbn3.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcTfkku23fTeLllUEZo5IhUfDrkUxcU3HMPQZsvhCuS4zcgt2AkAIstilahkarsinogenmungkinsudahtidakterdengarolehtelingakita. Namundemikianmasihadabeberapa orang yang belummengetahuinya.Sebenarnyaapa yang dimaksuddengankarsinogendanapasajacontohnya?
Karsinogenadalahsubstansi yang menyebabkankankerataumeningkatkantimbulnyaresikokanker. Hal inidapatterjadikarenaketidakstabilangenomikataugangguanpada proses metabolismeseluler. Karsinogendapatmenimbulkankankersecaralangsung, yaitusubstansitersebutmenyebabkanperubahanataumutasipadaDNAseltubuhdansecaratidaklangsungmemicupembelahanseldengancepat, akibatnyaterjadikegagalanmenciptakansel yang sempurnadantimbulahselkanker.
Karsinogentanpadisadariseringkitajumpaidalamkehidupansehari-harisepertipadaudara yang kitahirup, makananmaupunminuman.Karsinogenterbagimenjadiduagolonganyaitukarsinogen yang berasaldaribahanpangandan non pangan.
Karsinogendaribahanmakananterdapatpadasebagianbesarlemakhyradinepadajamur, solaninpadakentang yang berwarnahijauyang bersifatkarsinogendanberacun.Kemudianadaaflatoksin yang terutamaditemukanpadakacangtanahdanjagung yang ditumbuhiAspergillusflavusmerupakankarsinogenkuat yang dapatmenyeranghati.
Bahanmakanan yang diawetkandenganpengasapanseperti sate, ayambakaratauapapun yang menggunakan proses pembakaranataupengasapanmengandungzatkarsinogen yang disebutbenzo (a) pyrene, zatiniberasaldarireaksiradikalbebasdanbiladikonsumsidapatmenimbulkankersusakan sel.  Proses penggorengandenganmenggunakanminyakgoreng yang samadanberulang (minyakjelantah) yang berwarnacoklatkehitamanmerupankarsinogensebabminyakjelantahtersebutmenghasilkanprodukoksidasi yang akanmembentukradikalbebasdanbiladikonsumsidapatmenimbulkankerusakan sel.
Berikutmeripakanbeberapa tips menghindarikarsinogen yang terdapatpadabahanpangan, yaitu :
1.      Hindarimakanan yang terlihatdanberbautengikkarenamakanantersebutmengandungsenyawaaflatoksin.
2.      Janganmemasakmenggunakanminyak yang terlalupanas (bersuhutinggi) danhindari pula penggunaanminyakjelantah.
3.      Hindariterlalu lama memanggangdaging, karenapembakarandagingakanmembentuksuatuzat yang disebutheterocyclic amines (HCAs) yang dilepaskanketikapanasmembakassuatusenyawa yang disebutcreatin yang ditemukandalamdarahdanjaringanhewan. HCAs seringdikaitkandengankankerusus, tumor paru-parudankankerpayudara.
4.      Meminimalkandalammengkonsumsimakanankalengan yang telahdiolah, dikeringkandandiawetkan.
5.      Janganterlaluseringmengkonsumsimakanan yang disapakan
6.      Perbanyakmengkonsumsimakananorganiksepertisayur-sayurandanbuah-buahan.
Itulahbeberapabahanmakanan yang bersifatkarsinogendan tips-tips sehatmenghindarizatberbahayatersebut.Semogabermanfaatbuatpembacaataupengunjung.Sebenarnya yang terpentingadalahbagaimanakitadalammenerapkanpolahidup yang sehat di kehidupaninikarenapolahidup yang sehatakanmembentuktubuhdanjiwa yang sehat pula. (DitaAndriani)
Sumbertulisan :
http://www.ut.ac.id/html/suplemen/pebi4416/isi_2_3.doc‎


Sumbergambar :

https://www.google.com/search=sate

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS
Read Comments

0 komentar:

Posting Komentar