mengenal lebih dekat dengan Teknik Pertambangan

             

  Menurut Mc. Kinstry H.E :Teknik Eksplorasi Tambang merupakan Suatu kegiatan yang meliputi keseluruhan urutan pekerjaan mulai dari pencarian suatu prospek (reconnaissance) sampai evaluasi dari prospek tersebut dan memperluas lokasi lain di sekitar daerah yang telah dilakukan kegiatan penambangan. Menurut Alan M. Bateman :

             

  Teknik Eksplorasi Tambang merupakan suatu kegiatan yang bertujuan akhirnya adalah penemuan geologis berupa endapan mineral yang bernilai ekonomis. Eksplorasi yang tidak memasukkan pekerjaan prospeksi dikemukakan oleh Peel dan W.C. Petters: Eksplorasi merupakan kegiatan yang dilakukan setelah prospeksi atau setelah endapan bahan galian tersebut ditemukan dan bertujuan untuk mengetahui ukuran, bentuk kedudukan, sifat dan nilai dari ekonomi bahan galian tersebut. Untuk memenuhi kebutuhan manusia yang semakin komplek maka berbagai cara pun di tempuh untuk salah satu dengan ekplorasi bahan tambang yang telah di sediakan oleh alam , dalam ekplorasi ini ada beberapa tahapan yaitu :studi literature , survey dan pemetaan , tahap ekplorasi detail , perencanaan tambang , persiapan kontruksi dan penambangan .

                Dengan tahapan proses ekplorasi ini di harapakan saat kita menambang adalah sesuia dengan undang undang yang berlaku di Indonesia. Guna mengatur sistem pertambangan khususnya yang ada di Indonesia , maka di buatlah peraturan menteri no 7 tahun 2012 . Tujuan diterbitkannya Peraturan Menteri Energi Sumber Daya Mineral Nomor 7 Tahun 2012 Tentang Peningkatan Nilai Tambah Mineral Melalui Kegiatan Pengolahan Dan Pemurnian Mineral sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Menteri Energi Sumber Daya Mineral Nomor 11 Tahun 2012 tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Nomor 7 Tahun 2012 Tentang Peningkatan Nilai Tambah Mineral Melalui Kegiatan Pengolahan dan Pemurnian Mineral (“Permen ESDM tentang Kegiatan Pengolahan dan Pemurnian Mineral”) adalah untuk melaksanakan ketentuan Pasal 96 dan Pasal 111 Peraturan Pemerintah Nomor 23 Tahun 2010 tentang Pelaksanaan Kegiatan Usaha Pertambangan Mineral dan Batubara sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Pemerintah Nomor 24 Tahun 2012 tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 23 Tahun 2010 Tentang Pelaksanaan Kegiatan Usaha Pertambangan Mineral dan Batubara (“PP tentang Pelaksanaan Kegiatan Usaha Pertambangan Minerba”). Dengan begitu kompleksnya tentang pertambangan dan hausnya ilmu akan pertambangan maka menteri pendidikan membuka suatu mata sekolah yang khusus berkonsentrasi dengan pertambangan , mata pelajaran teknik pertambangan .

                 Teknik Pertambangan adalah ilmu yang mempelajari kegiatan mengambil mineral yang bernilai eko-nomi yang terkandung di dalam bumi; seperti Emas, Intan, dan Batu Bara.Jurusan teknik pertambangan ini mirip dengan geologi, hanya saja lebih difokuskan pada yang berkaitan dengan kegiatan pertambangan. Jurusan teknik pertambangan mempelajari ilmu Geologi, Kimia, Fisika. Geologi tentu saja harus kita kuasai sebab kita akan berususan dengan bumi. Kita harus tahu bagaimana sifat-sifat bumi dan jenis-jenis batuan beserta sifatnya. Lalu kita juga harus mempelajari ilmu kimia karena pada dasarnya komponen dari barang tambang memiliki kandungan kimia yang berbeda-beda. Dari analisis kimia kita bisa menentukan jenis bebatuan yang ada. Kemudian Fisika, kita perlu mempelajari ilmu ini karena ilmu inilah yang akan membantu kita pada proses pertambangan, misalnya bagaimana kita menentukan kemiringan lereng pada tambang terbuka agar tidak terjadi longsor. Selain mempelajari hal teknis, kita juga mempelajari ekonomi tambang beserta analisis investasinya dan ditambah mempelajari ilmu menejemen. Kita juga didukung dengan praktikum yang menarik seperti praktikum peledakan (karena ada mata kuliah peledakan), dll. Kita juga diajari menggunakan software pemodelan tambang 3D.Prospek Kerja Seorang sarjana teknik pertambangan dibutuhkan dalam perusahaan pertambangan, baik perusahaan pertambangan nasional, internasional, maupun multinasional, seperti PT. Newmont Nusa Tenggara dan PT. Freeport Indonesia.


 sumber:
 http://www.jurusankuliah.net/2013/08/jurusan-teknik-pertambangan.html http://ilmugeologitambang.com/teknik-eksplorasi-tambang.html http://sintaloh.blogspot.com/2014/02/metoda-prospeksi-eksplorasi-tambang.html http://www.hukumpertambangan.com/ http://aceh.tribunnews.com/2014/01/28/pertambangan-ramah-lingkungan

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS
Read Comments

0 komentar:

Posting Komentar